Inilah Desa Produsen Cokelat di Gunungkidul

Inilah Desa Produsen Cokelat di Gunungkidul

Gunungkidul identik dengan gaplek, kekeringan, tidak ada air dan miskin pada 10-15 tahun yang lalu.  Siapa menyangka kini Produsen Cokelat ada di Gunungkidul. Sebuah Desa dikawasan baturagung tepatnya di Desa Wisata Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul, D.I.Yogyakarta kini berkembang menjadi Desa Produsen Cokelat. Setidaknya ada 5 Poktan (Kelompok Tani) yang tergabung dalam Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) yang mengembangkan perkebunan Kakao.

Menurut ketua Gapoktan Kumpul Makaryo saat ini Desa Nglanggeran memiliki 101 Hektar perkebunan Kakao milik Rakyat. Hampir seluruh masyarakat memiliki pohon kakao disektitar rumah dipekarangan  mereka atau lahan khusus yang digunakan untuk menanam pohon bernama latin Theobroma cacao L. ini. Yang sangat membanggakan adalah kini masyarakat Desa Nglanggeran tidak hanya bisa menanam dan mendapatkan hasil penjualan buah Kakao saja, namun kini sudah bisa mengolah menjadi bubuk Cokelat, aneka minuman Cokelat dengan brand Chocomix, makanan Cokelat bahkan Cokelat batangan.

Seluruh aktivitas pengelolaan Cokelat itu berada dalam wadah lembaga Griya Cokelat Nglanggeran. Sebuah organisasi yang terdiri dari perwakilan kelompok tani, kelompok pemuda, kelompok pegelola wisata dan sebagai tenaga produksinya adalah kelompok Ibu Ibu PKK. Semua elemen tersebut bekerjasama dan menjalankan peran masing-masing membangun kewirausahaan sosial pengolahan Cokelat.

Kami bersyukur bisa memberikan peningkatan perekonomian masyarakat dengan mengolah komoditas Kakao menjadi Cokelat. Proses tersebut tidak instant bahkan kami melibatkan banyak pihak diantaranya Dishutbun Gunungkidul membantu para petani kakao menciptakan Kakao terbaik dan pilihan sebagai bahan baku. BPTBA LIPI Yogyakarta membantu kami dalam proses penelitian dan pengembangan produk, selanjutnya ada Bank Indonesia Yogyakarta yang memberikan Suport melalui CSRnya untuk menyempurnakan bangunan Griya Cokelat Nglanggeran.

Selain Griya Cokelat Nglanggeran, di Desa kami juga ada TTP (Taman Teknologi Pertanian) dilokasi tersebut juga dilakukan pengolahan Cokelat sekala Industri. Jadi ada 2 skema pengembangan Cokelat di Desa kami, skala Home Industri di Griya Cokelat Nglanggeran dan skala Industri di TTP Nglanggeran.

Jadi bagi kalian yang ingin mendapatkan Cokelat Asli bukan sekedar minuman atau makanan rasa Cokelat bisa mengunjungi Desa kami, Desa Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul, D.I.Yogyakarta. Bisa contak Sugeng Handoko WA 081802606050 atau kepoin produk produk kami di Instagram klik SINI.

Untuk melihat Videonya  bisa KLIK DISINI