5 Hal Kegiatan Program Live In Desa Wisata Nglanggeran yang tidak dimiliki Desa Wisata lain di Yogyakarta

5 Hal Kegiatan Program Live In Desa Wisata Nglanggeran yang tidak dimiliki Desa Wisata lain di Yogyakarta

Desa Wisata identik dengan kegiatan Live In yaitu tinggal dan menginap dirumah warga dengan melakukan aktivitas menjadi masyarakat Desa. Mengikuti induk semang yang sekaligus menjadi orang tua angkat baru bagi yang tinggal dirumah barunya di Desa tersebut. Kegiatan yang hampir rata-rata dilakukan oleh desa wisata diantaranya : belajar pertanian, membajak padi, memandikan sapi, mencari rumput, dll.

             

Ada 5 hal menarik pembeda Live In di Desa Wisata Nglanggeran yang mungkin belum akan ditemui di Desa Wisata lain yaitu :

  1. Mendapatkan 3 daya tarik utama wisata di Desa Wisata Nglanggeran.Betul, bagi yang mengambil paket kegiatan Live In di Desa Wisata Nglanggeran  tentu ada kesempatan untuk bisa mengunjungi  3 Destinasi unggulan di Desa kami yaitu Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran dan Air Terjun musiman “Air Terjun Talang Purba” & “Air Terjun Kedung Kandang”
  2. Bisa belajar kewirausahaan sosial bersama praktisi dan masyarakat yang menjadi pemenang kompetisi lomba Mandiri Bersama Mandiri 2012, atau saat ini yang disebut sebagai Wirausaha Sosial Mandiri. Peserta live in bisa diskusi dan belajar apa bedanya antara murni wirausaha dan wirausaha sosial.
  3. Bisa belajar tentang Konservasi, Lingkungan Hidup, Geopark Gunungsewu  dan juga praktek langsung melakukan aksi cinta Lingkungan bersama Kader Konservasi di Desa Wisata Nglanggeran.
  4. Bisa belajar tentang Sistem Informasi Desa (SID) yang dikembangkan di Desa Wisata Nglanggeran. Sebuah sistem untuk mempermudah manajemen dokumen dan informasi yang ada di Desa. Dari 74.000 Desa se Indonesia hanya ada 20 Publik Display terkait SID, yang salah satunya berada di Desa Wisata Nglanggeran.
  5. Bisa belajar teknologi pertanian dan pengolahan Kakao di Taman Teknologi Pertanian yang baru satu-satunya di D.I.Yogyakarta serta peternakan kambing Peranakan Etawa. Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan antara lain mengenal proses produksi kakao, cara budidaya bunga krisan, belajar Hidroponik, dll. Sebuah ilmu terapan yang sudah diajarkan di Sekolah bisa terjun langsung dipraktekkan di Desa Wisata Nglanggeran.

Nah menarik bukan? Jadi ada sebuah inovasi yang kami kembangkan, peserta Live In tetap akan belajar tentang kehidupan masyarakat desa, semangat berjuang, kerja keras, lingkungan, kewirausahaan sosial, lingkungan dan juga teknologi. Rugi besar jika melakukan kunjungan wisata hanya sebatas melihat dan belajar sedikit manfaatnya. Bisa menjadi solusi sekali masuk di Desa Wisata Nglanggeran banyak ilmu dan informasi yang dapat digunakan untuk belajar bersama. Antara kami masyarakat Desa dengan wisatawan yang datang.